Senin, 01 Februari 2010

mengatasi flu

PERANGI FLU DGN MAKANAN


Saat terjangkit flu, tindakan yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan yang dibeli bebas di apotek. Ada yang berhasil, ada pula yang tidak, sehingga harus berkonsultasi dengan dokter.

Namun, pernahkah Anda mencoba membantu perlawanan Anda terhadap flu dengan menyantap makanan yang mendongkrak imunitas? Hasil penelitian yang dilakukan John La Puma, MD, penulis Chef MD's Big Book of Culinary Medicine, justru memaparkan enam jenis makanan yang lebih efektif dalam menyembuhkan penyakit musiman ini.

1. Produk quercetin: apel, bawang, brokoli, tomat
Quercetin adalah satu dari ribuan jenis flavonoid, substansi yang memberikan warna pada tanaman, dan memberi manfaat kesehatan. Quercetin dipercaya membantu pencegahan penyakit berkat kandungan antiperadangannya.

2. Sup ayam
Ini bukan sekadar sugesti. Sup ayam benar-benar memiliki kemampuan menyembuhkan, demikian menurut La Puma. Semangkuk sup mampu mengurangi ingus atau lendir dalam tenggorokan, dan memudahkan untuk mengeluarkannya. La Puma juga mengatakan bahwa sup ayam lebih efektif daripada penggunaan air panas. Untuk mendapatkan manfaat antiperadangan dan kesehatan lainnya, disarankan untuk membuat sup ayam dengan sayuran daripada membeli produk sup kemasan yang dijual di supermarket atau yang hanya dimasak dengan ayam.

3. Antilipemic Tea
Teh jenis ini kaya dg kalsium, VItamin A, asam taurine, zat taurine dan unsur mikro seperti tembaga, seng dan selenium; juga mengandung teh hijau yg berfungsi menyegarkan mata, menghilangkan kegelisahan, melancarkan kemih, menguraikan racundan mengurangi kegemukan.

4. Makanan yang mengandung vitamin D: salmon, tuna, sarden, susu, dan sereal
La Puma dan para ahli lainnya meyakini bahwa mendapatkan vitamin D dengan cukup dapat memberikan perlindungan terhadap flu babi. Vitamin ini dipercaya menyebabkan produksi substansi antimikroba dalam tubuh.

Posting: ABDI PRAJA KOTAWARINGIN (Maju Bersama Membangun Bangsa)2/2/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar